Cara Menambah FPS untuk menghilangkan Lag Game

Menikmati game PC adalah saat mata dimanjakan dengan grafis game yang tajam dan halus. Tapi jika terjadi lag karena FPS turun atau drop, kenikmatan gaming akan hilang sekalipun raih kemenangan. Banyak diantara kita yang sering alami hal semacam ini terutama yang punya budget gaming terbatas tapi ingin menikmati game berat terbaru. Berikut 10 cara menambah FPS pada game windows dan mungkin bisa meningkatkan kualitas grafis gaming. Penjelasan berikut merupakan tweak dasar dan pasti sudah banyak yang tahu tapi mungkin lupa mempraktekkan karena kesibukan.

1. Matikan Windows Visual Effects

Secara default, windows menggunakan efek visual keren agar menu dan elemen interface terlihat lebih menarik. Menonaktifkan Windows Visual Effects mungkin tidak terlalu berguna jika komputer memiliki spek tinggi tapi akan sedikit bermanfaat untuk komputer spek kelas menengah dan bawah.

cara menambah fps dengan setting visual effect

Untuk menonaktifkan efek visual, pada kolom pencarian ketik Adjust the appearance and performance of windows dan pilih opsi Adjust for best performance. Setelah Apply maka tampilan windows akan terlihat kaku tapi berasa ringan.

2. Tutup Software Yang Tidak Perlu

Saat bermain game berat terbaru biasanya butuh resource besar sehingga perlu menutup atau mematikan software yang tidak dibutuhkan agar membebaskan resource GPU, CPU, Disk dan RAM agar bisa fokus pada peningkatan performa game. Cara ini bisa diawali dengan menutup beberapa software aktif di Taskbar, System Tray atau bisa memanfaatkan Task Manager (tekan CTRL+SHIFT+ESC) untuk melihat lebih detil software yang “memakan” banyak resource GPU, CPU, Disk dan RAM, sehingga bisa menutup “paksa” software yang tidak dibutuhkan saat gaming.

3. Update Driver Terbaru

Driver adalah software khusus yang menjadi “jembatan” antara game dan hardware. Driver yang ketinggalan jaman dapat menurunkan kinerja game sehingga kita harus segera update driver terbaru untuk GPU. Biasanya software bawaan GPU akan memberi notifikasi update, tapi jika ingin download driver terbaru secara manual, bisa langsung kunjungi website resmi driver Nvidia atau driver AMD atau driver Intel. Sekedar catatan bahwa tweak GPU akan efektif pada dedicated GPU dan tidak terlalu signifikan meningkatkan performa pada integrated atau shared GPU.

Cara Menambah FPS Nvidia

4. Sesuaikan Opsi Power

Power Options di Windows dapat mengatur konsumsi energi laptop sesuai kebutuhan. Secara default, Windows selalu menyeimbangkan konsumsi power dengan kinerja OS yang mungkin menyebabkan penurunan performa game.

Untuk memaksa laptop bekerja maksimal, bisa dimulai dengan pilih Change plan settings kemudian Change advanced power settings dan ubah sesuai kebutuhan saat laptop tersambung dengan sumber listrik (Plugged In). Memaksa laptop bekerja maksimal juga akan meningkatkan konsumsi listrik. Gaming Laptop biasanya sudah memiliki software tools untuk mengatur kinerja laptop agar hemat energi saat digunakan untuk kebutuhan office atau boros energi saat digunakan untuk gaming sehingga penyesuaian Power Options bisa diabaikan.

5. Nonaktifkan Game Bar dan Background Recording

Windows 10 memiliki fitur Game bar untuk merekam segala aktivitas gaming. Fitur ini mungkin sangat bermanfaat buat para youtuber game online tapi berdampak negatif terhadap performa game jika komputer tidak memiliki spek tinggi.

Untuk menonaktifkan, pada kolom pencarian ketik Game bar settings dan pilih Off. kemudian pilih tab Captures untuk mematikan Background Recording. Jika memang diperlukan coba pilih Game Mode dan pilih On yang akan sedikit membantu meningkatkan frame rate pada game tertentu dan mencegah segala aktivitas Windows Update saat bermain game.

6. Ubah Setting Grafis Game

Hampir semua game berat di PC memiliki opsi setting untuk mengubah grafis game sesuai kebutuhan. Cara menambah FPS paling mudah adalah dengan menurunkan kualitas grafis game. Mematikan efek reflections dan fog juga sangat membantu meningkatkan FPS. Menurunkan resolusi dari 1080p ke 720p pada mode fullscreen juga memberi efek positif pada FPS.

7. Perbaiki atau Instal Ulang Game

Jika FPS drop pada satu game bisa terjadi karena ada file yang rusak. Game tertentu mungkin memiliki opsi repair, seperti game di Steam dengan klik-kanan, pilih Properti kemudian pilih Verifikasi Integritas File Game pada tab Local Files. Untuk game non-Steam bisa reinstall seperti biasa.

8. Defragmentasi HDD

Sekarang banyak gamer yang sudah beralih ke Solid-State Drive (SSD), tapi bagi yang masih menggunakan HDD wajib melakukan defragmentasi hardisk secara berkala. Sedangkan untuk SSD tidak butuh defrag karena akan mempersingkat umur SSD.

Cara defrag sangatlah mudah, cukup ketik defrag di kolom pencarian, pilih HDD yang ingin didefrag dan klik Optimize. Sebenarnya Windows 10 bisa defrag secara otomatis sesuai jadwal yang ditentukan, jadi tak perlu melakukan defrag secara manual.

9. Overclocking

Jika semua cara menambah FPS diatas tidak membuahkan hasil sesuai harapan, mungkin overclocking patut dipertimbangkan untuk memaksa hardware bekerja ekstra keras. Overclocking memang terdengar berbahaya tapi aman jika dilakukan dengan benar dan sabar. Beberapa software seperti Afterburner, Precision, SAPPHIRE TriXX, HWMonitor, Real Temp akan sangat membantu tahap overclocking. Dan jangan lupa untuk memahami kemampuan casing dalam menambah kipas pendingin.

10. Ganti Hardware

Setiap hardware pasti memiliki batasan kerja meskipun berbagai macam tweak sudah dilakukan. Jika spek hardware sudah sangat ketinggalan jaman, mungkin sudah saatnya mengganti laptop atau memperbarui hardware secara parsial seperti GPU, RAM, SSD dan Prosesor agar game berjalan dengan grafis yang nyaman di mata. Jika memutuskan membeli laptop gaming, pastikan memiliki pendingin yang bagus, dan berkala membersihkan debu yang bisa mengganggu saluran udara pendingin.

Komentar
Open chat
1
Halo sobat, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by