Memilih Paket Internet Yang Tepat

Banyak sekali pengguna internet yang membuang duit karena salah pilih paket internet dan ada juga yang kecewa dengan paket internet yang murah tapi berkualitas murahan karena sinyal hilang. Sebelum memutuskan paket internet, sebaiknya pastikan rutinitas berinternet dalam satu bulan. Dan berikut beberapa Tips Memilih Paket Internet Yang Tepat :

Memilih Paket Internet 4G

Jika sering beraktivitas mobile, maka pilihlah paket internet berbasis 4G atau mungkin 5G. Satu operator seluler biasanya memiliki beberapa paket internet yang kadang membuat bingung pelanggannya. Manfaatkan data usage untuk mengukur seberapa besar data internet yang digunakan dalam sebulan. Banyak smartphone yang memiliki fitur Data Usage yang biasanya ada di menu Settings. Berdasarkan data kami, satu user menghabiskan data internet sebesar 5 GB s/d 6 GB per bulan (jika tidak hobi download). Dan kemudian pilihlah paket internet yang memiliki kuota data sesuai data usage.

Memilih Paket Internet Yang Tepat 4G

Satu operator seluler tidaklah cukup jika sering beraktivitas keluar masuk mall apalagi sering keluar kota. Operator seluler yang memiliki paket internet murah biasanya tidak memperkuat sinyal internet 4G di semua mall atau gedung besar apalagi memperkuat sinyal 4G di daerah terpencil seperti pedesaan. Operator seluler yang memiliki paket internet lebih mahal biasanya memiliki sinyal 4G yang mampu menjangkau hampir semua mall dan bahkan pedesaan. Jika memiliki bisnis mobile yang sangat tergantung dengan koneksi internet, maka wajib untuk memiliki paket internet 4G dari dua operator seluler.

Memilih Paket Internet Fiber Optik

Internet berbasis fiber optik jauh lebih stabil dan cepat jika dibandingkan dengan internet berbasis 4G. Fiber Optik memiliki ketahanan terhadap intervensi radio sehingga kualitas internet akan selalu terjaga sampai ke pelanggan. Dan sangat disarankan untuk menggunakan paket internet fiber optik jika berprofesi sebagai gamer profesional.

Jika membutuhkan internet untuk hiburan di rumah atau mungkin untuk bisnis di kantor, lebih tepat memilih paket internet unlimited berbasis fiber optik. Jika suka hiburan dari channel2 premium seperti HBO, Discovery, National Geographic, AXN, tvN dan semacamnya, lebih baik pilih ISP yang menawarkan paket internet dengan TV kabel. Jika memiliki bisnis digital yang sering melakukan upload atau live streaming sebaiknya pilih ISP yang hanya memiliki paket internet tanpa TV kabel.

Memilih Paket Internet Yang Tepat Fiber Optik

ISP berbasis fiber optik yang menawarkan paket internet tanpa tv kabel biasanya memiliki kualitas internet yang lebih cepat dan stabil sehingga upload lebih cepat dan live streaming lebih lancar, sekalipun dengan resolusi 4K/8K @60fps.

Memilih Paket Internet Wireless

Paket Internet Wireless disini maksudnya menggunakan antena wireless point-to-point untuk menghubungkan ISP dengan pelanggannya. Jika tinggal didaerah terpencil dan tidak terjangkau dengan sinyal internet 4G dan internet fiber optik, maka solusinya adalah menggunakan internet wireless. Antena wireless point-to-point sanggup menghubungkan ISP dengan pelanggannya sampai jarak 10km, dengan syarat tidak ada intervensi radio dan penghalang fisik. Semakin jauh maka akan membutuhkan biaya bulanan yang lebih mahal untuk sewa perangkat wireless. Paket Internet Wireless juga sering dimanfaatkan oleh instansi atau perusahaan yang ingin menghubungkan jaringan dari gedung satu ke gedung lainnya.

Memilih Paket Internet Yang Tepat Wireless

Itulah tips Memilih Paket Internet Yang Tepat agar investasi yang dikeluarkan untuk paket internet lebih efekstif dan efisien. Selebihnya pilihlah ISP yang menawarkan support yang responsive selama 24jam nonstop karena internet stabil juga sangat penting, terutama bagi bisnis digital.

Komentar
Open chat
1
Halo sobat, ada yang bisa kami bantu ?