Penjualan Ghost of Yotei di Amerika Serikat terbilang stabil, setara dengan kesuksesan awal Ghost of Tsushima lima tahun lalu. Namun, analis menyebut ujian sebenarnya baru akan terlihat dalam beberapa bulan ke depan.
Menurut analis pasar dari Circana, Mat Piscatella, peluncuran Ghost of Yotei di AS pada 2 Oktober 2025 berlangsung “baik-baik saja, tidak luar biasa tapi juga tidak buruk.” Game eksklusif PlayStation 5 besutan Sucker Punch itu mencatat kinerja penjualan yang hampir seimbang dengan pendahulunya, Ghost of Tsushima, dalam minggu pertama perilisan.
Perbandingan dengan Ghost of Tsushima
Dari sisi pendapatan, Ghost of Yotei menghasilkan nilai penjualan setara dengan Ghost of Tsushima. Namun, jumlah unit yang terjual sedikit menurun di kisaran beberapa persen, sementara pendapatan naik dengan persentase serupa karena harga jual rata-rata Ghost of Yotei sekitar 12% lebih tinggi dibandingkan harga awal Ghost of Tsushima. “Secara keseluruhan, hasilnya bisa dibilang seimbang,” ujar Piscatella.
Ia menambahkan bahwa situasi pasar saat ini berbeda dengan 2020, ketika Ghost of Tsushima dirilis di tengah masa lockdown global dan jumlah pengguna PlayStation 4 lebih banyak sekitar 20% dibandingkan basis pengguna PS5 saat ini. “Kalau melihat semua faktor, hasil Ghost of Yotei bisa dikatakan berada di antara kategori baik dan sangat baik,” tambahnya.
Tantangan Beberapa Bulan ke Depan
Piscatella menegaskan bahwa performa sejati Ghost of Yotei akan terlihat dari daya tahannya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. Sony sendiri belum mengumumkan target internal penjualannya. Sebagai pembanding, Ghost of Tsushima berhasil menjual lebih dari 13 juta kopi hingga September 2024, menjadi salah satu judul paling sukses dalam sejarah PlayStation.
Situasi di Eropa pun serupa. Data menunjukkan bahwa penjualan Ghost of Yotei sejalan dengan Ghost of Tsushima, bahkan menjadi peluncuran game eksklusif PlayStation terbesar sejak Spider-Man 2 pada Oktober 2023. Pencapaian ini mengungguli Helldivers 2 yang sempat bermasalah di awal namun berhasil terjual lebih dari 12 juta kopi dalam 12 minggu.
Langkah Selanjutnya Sucker Punch
Ke depan, pengembang Sucker Punch berencana merilis ekspansi multipemain berjudul Ghost of Yotei: Legends pada 2026. Co-founder sekaligus kepala studio, Brian Fleming, mengungkapkan bahwa timnya akan menentukan proyek berikutnya setelah perilisan ekspansi tersebut. Ia juga menegaskan bahwa Sucker Punch akan tetap fokus pada satu proyek dalam satu waktu.
Sambil menunggu kelanjutan kisah dari dunia Yotei, penggemar bisa menikmati panduan lengkap yang mencakup tips bertarung, lokasi rahasia, hingga set armor terbaik di awal permainan. Dengan cerita baru dan penyajian visual memukau, Ghost of Yotei tampaknya siap melanjutkan warisan sukses yang telah dibangun pendahulunya.

