Live adalah fitur populer yang memungkinkan pengguna Youtube, Facebook dan TikTok dapat melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan pengikut mereka secara real-time. Manfaat utama fitur live adalah memperluas jangkauan konten untuk meningkatkan penjualan produk.
dan mungkin ada pertanyaan berapa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk live streaming ? bisa lihat tabel berikut yang menjelaskan kebutuhan kecepatan internet berdasarkan resolusi dan framerate untuk live streaming
| Resolusi & Framerate | Internet (Bitrate) |
|---|---|
| Live Tiktok FullHD | 4.5 Mbps s/d 9 Mbps |
| Live Tiktok FullHD | 3.5 Mbps s/d 6 Mbps |
| Live Tiktok HD | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
| Live Tiktok HD | 1.5 Mbps s/d 4 Mbps |
| Live Youtube 4K | 10 Mbps s/d 40 Mbps |
| Live Youtube 4K | 8 Mbps s/d 35 Mbps |
| Live Youtube QHD | 6 Mbps s/d 30 Mbps |
| Live Youtube QHD | 5 Mbps s/d 25 Mbps |
| Live Youtube FHD | 4 Mbps s/d 10 Mbps |
| Live Youtube FHD | 3 Mbps s/d 8 Mbps |
| Live Youtube HD | 3 Mbps s/d 6 Mbps |
| Live Youtube HD | 3 Mbps s/d 4 Mbps |
| Live Facebook FHD | 4.5 Mbps s/d 9 Mbps |
| Live Facebook FHD | 3 Mbps s/d 6 Mbps |
| Live Facebook HD | 2.25 Mbps s/d 6 Mbps |
| Live Facebook HD | 1.5 Mbps s/d 4 Mbps |
| Live Facebook | 600 Kbps s/d 2 Mbps |
| Live Facebook | 400 Kbps s/d 1 Mbps |
| Live Twitch FHD | 6 Mbps (6000 kbps) |
| Live Twitch FHD | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
| Live Twitch HD | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
| Live Twitch HD | 3 Mbps (3000 kbps) |
Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar live sukses, seperti :
- Tentukan waktu live yang tepat. Ada waktu tertentu dimana penggemar sedang aktif-aktifnya menikmati konten live seperti dari pagi sampai jelang siang atau setelah isya sampai jelang tengah malam.
- Persiapkan tempat yang terang dan rapi dengan alat pencahayaan atau lighting khusus. Sediakan juga tripod, kamera dan mic terbaik supaya tampak jelas di mata penonton live.
- Rencanakan sesi live secara detail seperti topik atau mungkin produk yang ingin dipromosikan, dan pastikan topik berkaitan dengan produk yg dipromosikan.
- Persiapkan untuk menjawab segala pertanyaan dengan positif demi membangun hubungan dekat dengan penonton.
- Pelajari analitik untuk pahami minat atau kebutuhan penonton sekaligus topik yang lagi tren.
- Cobalah bereksperimen dengan topik-topik baru untuk memahami respon penonton.

