Live adalah fitur populer yang memungkinkan pengguna Youtube, Facebook dan TikTok dapat melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan pengikut mereka secara real-time. Manfaat utama fitur live adalah memperluas jangkauan konten untuk meningkatkan penjualan produk.
dan mungkin ada pertanyaan berapa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk live streaming ? bisa lihat tabel berikut yang menjelaskan kebutuhan kecepatan internet berdasarkan resolusi dan framerate untuk live streaming
Resolusi & Framerate | Internet (Bitrate) |
---|---|
Live Tiktok FullHD![]() | 4.5 Mbps s/d 9 Mbps |
Live Tiktok FullHD![]() | 3.5 Mbps s/d 6 Mbps |
Live Tiktok HD![]() | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
Live Tiktok HD![]() | 1.5 Mbps s/d 4 Mbps |
Live Youtube 4K![]() | 10 Mbps s/d 40 Mbps |
Live Youtube 4K![]() | 8 Mbps s/d 35 Mbps |
Live Youtube QHD![]() | 6 Mbps s/d 30 Mbps |
Live Youtube QHD![]() | 5 Mbps s/d 25 Mbps |
Live Youtube FHD![]() | 4 Mbps s/d 10 Mbps |
Live Youtube FHD![]() | 3 Mbps s/d 8 Mbps |
Live Youtube HD![]() | 3 Mbps s/d 6 Mbps |
Live Youtube HD![]() | 3 Mbps s/d 4 Mbps |
Live Facebook FHD![]() | 4.5 Mbps s/d 9 Mbps |
Live Facebook FHD![]() | 3 Mbps s/d 6 Mbps |
Live Facebook HD![]() | 2.25 Mbps s/d 6 Mbps |
Live Facebook HD![]() | 1.5 Mbps s/d 4 Mbps |
Live Facebook![]() | 600 Kbps s/d 2 Mbps |
Live Facebook![]() | 400 Kbps s/d 1 Mbps |
Live Twitch FHD![]() | 6 Mbps (6000 kbps) |
Live Twitch FHD![]() | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
Live Twitch HD![]() | 4.5 Mbps (4500 kbps) |
Live Twitch HD![]() | 3 Mbps (3000 kbps) |
Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar live sukses, seperti :
- Tentukan waktu live yang tepat. Ada waktu tertentu dimana penggemar sedang aktif-aktifnya menikmati konten live seperti dari pagi sampai jelang siang atau setelah isya sampai jelang tengah malam.
- Persiapkan tempat yang terang dan rapi dengan alat pencahayaan atau lighting khusus. Sediakan juga tripod, kamera dan mic terbaik supaya tampak jelas di mata penonton live.
- Rencanakan sesi live secara detail seperti topik atau mungkin produk yang ingin dipromosikan, dan pastikan topik berkaitan dengan produk yg dipromosikan.
- Persiapkan untuk menjawab segala pertanyaan dengan positif demi membangun hubungan dekat dengan penonton.
- Pelajari analitik untuk pahami minat atau kebutuhan penonton sekaligus topik yang lagi tren.
- Cobalah bereksperimen dengan topik-topik baru untuk memahami respon penonton.