Live

Live adalah fitur populer yang memungkinkan pengguna Youtube, Facebook dan TikTok dapat melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan pengikut mereka secara real-time. Manfaat utama fitur live adalah memperluas jangkauan konten untuk meningkatkan penjualan produk.

dan mungkin ada pertanyaan berapa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk live streaming ? bisa lihat tabel berikut yang menjelaskan kebutuhan kecepatan internet berdasarkan resolusi dan framerate untuk live streaming

Resolusi & FramerateInternet (Bitrate)
Live Tiktok FullHD
1080p@60fps
4.5 Mbps
s/d 9 Mbps
Live Tiktok FullHD
1080p@30fps
3.5 Mbps
s/d 6 Mbps
Live Tiktok HD
720p@60fps
4.5 Mbps
(4500 kbps)
Live Tiktok HD
720p@30fps
1.5 Mbps
s/d 4 Mbps
Live Youtube 4K
2160p@60fps
10 Mbps
s/d 40 Mbps
Live Youtube 4K
2160p@30fps
8 Mbps
s/d 35 Mbps
Live Youtube QHD
1440p@60fps
6 Mbps
s/d 30 Mbps
Live Youtube QHD
1440p@30fps
5 Mbps
s/d 25 Mbps
Live Youtube FHD
1080p@60fps
4 Mbps
s/d 10 Mbps
Live Youtube FHD
1080p@30fps
3 Mbps
s/d 8 Mbps
Live Youtube HD
720p@60fps
3 Mbps
s/d 6 Mbps
Live Youtube HD
720p@30fps
3 Mbps
s/d 4 Mbps
Live Facebook FHD
1080p@60fps
4.5 Mbps
s/d 9 Mbps
Live Facebook FHD
1080p@30fps
3 Mbps
s/d 6 Mbps
Live Facebook HD
720p@60fps
2.25 Mbps
s/d 6 Mbps
Live Facebook HD
720p@30fps
1.5 Mbps
s/d 4 Mbps
Live Facebook
480p@30fps
600 Kbps
s/d 2 Mbps
Live Facebook
360p
400 Kbps
s/d 1 Mbps
Live Twitch FHD
1080@60fps
6 Mbps
(6000 kbps)
Live Twitch FHD
1080@30fps
4.5 Mbps
(4500 kbps)
Live Twitch HD
720@60fps
4.5 Mbps
(4500 kbps)
Live Twitch HD
720@30fps
3 Mbps
(3000 kbps)

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar live sukses, seperti :

  • Tentukan waktu live yang tepat. Ada waktu tertentu dimana penggemar sedang aktif-aktifnya menikmati konten live seperti dari pagi sampai jelang siang atau setelah isya sampai jelang tengah malam.
  • Persiapkan tempat yang terang dan rapi dengan alat pencahayaan atau lighting khusus. Sediakan juga tripod, kamera dan mic terbaik supaya tampak jelas di mata penonton live.
  • Rencanakan sesi live secara detail seperti topik atau mungkin produk yang ingin dipromosikan, dan pastikan topik berkaitan dengan produk yg dipromosikan.
  • Persiapkan untuk menjawab segala pertanyaan dengan positif demi membangun hubungan dekat dengan penonton.
  • Pelajari analitik untuk pahami minat atau kebutuhan penonton sekaligus topik yang lagi tren.
  • Cobalah bereksperimen dengan topik-topik baru untuk memahami respon penonton.


Berita Terbaru :